strategi belajar mengajar

Media Pembelajaran

Materi : strategi belajar mengajar

            Strategi belajar mengajar merupakan suatu proses memikirkan dan megupayakan interaksi siswa dengan semua komponen KBM secara optimal yang di barengi konsistensi pada waktu tertentu dan menggunakan beberapa metode. Belajar merupakan proses perubahan individu yang relatif tetap sebagai hasil dari pengalaman. Pembelajaran merupakan upaya penataan lingkungan fisik, sosial, kultural yang memberikan suasana tersendiri ketika proses belajar berlangsung.
            Sebagai tenaga pengajar sudah seharusnya memiliki strategi pembelajaran yang mampu menunjang kegiatan belajar di dalam kelas. Menjadi seorang tenaga pengajar bukan haya harus memiliki strategi dalam mengajar tetapi juga hendaknya mampu menjadi aktor, sehingga siswa dapat fokus memperhatikan apa yang sedang di bahas oleh tenaga pengajar  tersebut.
            Dalam melaksanakan proses belajar mengajar terdapat beberapa komponen yang harus ada di dalamnya yaitu:
1.      Tenaga pengajar
2.      Siswa
3.      Kurikulum
Tanpa ketiga point tersebut maka proses belajar mengajar tidak akan berlangsung. Selain itu sebelum melakukan pembelajaran baik siswa maupun tenaga pengajar harus mempersiapkan terlebih dahulu apa yang akan di pelajari bagi siswa dan apa yang harus di ajarkan bagi guru.
            Suasana belajar merupakan hal yang penting yang harus di lakukan seorang tenaga pengajar, terutama ketika membuka pembelajaran. Apabila di awal pembelajaran siswa sudah tertarik dengan apa yang di paparkan oleh seorang tenaga pengajar maka halini akan membuat suasana belajar lebih kondusif. Namun hal tersebut juga harus di barengi oleh semangat dari siswa agar, tenaga pengajar yang akan melaksanakan tugasnya untuk mengajar juga memiliki semangat yang tinggi dan termotifasi karena melihat semangat dari siswa nya
            Dari pemaparan di atas penulis menarik kesimpulan bahwa sebuah proses belajar mengajar akan mendapatkan hasil se maksimal mungkin apabila di barengi usaha keduabelah pihak antara guru dan sisiwa.

TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSIORY, HEURISTIK, INDUKTIF, DEDUKTIF

PERBANDINGAN TAKSONOMI BLOOM YANG TELAH DI REVISI DAN BELUM DI REVISI

Cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik.