Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran Fisika


Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran Fisika
 
Mungkin beberapa siswa memiliki anggapan bahwa fisika adalah pelajaran yang sulit, Sesungguhnya hal ini lebih kepada persoalan siswa maupun guru dalam penyampaian materi, dan bukan ilmu fisika nya yang bermasalah. Fisika sama halnya ilmu-ilmu yang lain bersifat netral. Sebagian besar konsep fisika bersifat abstrak yang mungkin sangat sulit dipahami siswa. Keterbatasan alat-alat percobaan juga menjadi kendala, padahal dengan melakukan percobaan diharapkan siswa menjadi mudah memahami suatu konsep yang sulit. Untuk itu dalam penyajian pembelajaran di kelas guru fisika dituntut untuk dapat berkreasi dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa tidak menjadi takut pada pelajaran fisika, bahkan dapat mengubah image pelajaran fisika itu sulit dan menakutkan, menjadi pelajaran yang disukai siswa. Bukan hal yang mudah bagi guru untuk membuat suasana kelas fisika menjadi kelas yang menyenangkan. Persoalannya adalah, mengupayakan agar konsep-konsep abstrak fisika ini dapat ditampilkan secara nyata sehingga siswa mendapatkan pengalaman baru dalam pembelajaran yang melekat di benak mereka.
Telah kita pahami bahwa kadangkala kegiatan belajar mengajar (KBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan struktur organisasi, dan manajemen organisasi.
Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Secara garis besar, teknologi informasi memiliki peranan :
1.      Dapat menggantikan peran manusia. Dalam hal ini seperti otomatisasi tugas atau proses
2.      memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
3.      berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.
Berdasarkan pemahaman diatas maka kehadiran teknologi informasi telah memberikan kekuatan dan merupakan potensi besar jikalau dimanfaatkan dengan baik. Teknologi informasi telah memberikan gambaran kepada kita bagaimana teknologiinformasi telah memainkan peranan yang penting dalam suatu komunikasi informasi.
Pertumbuhan pengguna internet di seluruh Indonesia berkembang sangat pesat dan sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi setiap orang. Berdasarkan paparan diatas, terlihat bagi kita bahwa teknologi informasi, khususnya internet memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap dimensi pendidikan. Internet memberikan kontribusi yang sangat besar didalam membantu setiap dimensi yang ada untuk selalu mendapatkan informasi yang up to date.
Internet merupakan teknologi informasi yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama.
Demikian juga dalam dunia pendidikan, berkat adanya jaringan internet, maka dapat membantu setiap penyedia jasa pendidikan untuk selalu mendapat informasi-informasi yang terkini dan sesuai dengan kebutuhan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa keuntungan jika kita menggunakan internet sebagai media pembelajaran dalam pendidikan:
1.      kegiatan tatap muka bukan lagi menjadi sesuatu yang mutlak, namun hal ini bisa disiasati dengan penyediaan bahan-bahan pengajaran yang diakses melalui internet.
2.      Siswa dapat langsung mendapatkan bahan-bahan yang selalu up to date
3.      Siswa dapat memperkaya bahan-bahan yang ada dengan melakukan searching diinternet.
Manfaat internet pada dasarnya tidak terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada. Hal ini sangat tergantung pada institusi pendidikan, apalagi metode ini dipergunakan makaakan berimplikasi pada:
1.      Ketersediaan sarana pendukung yang harus menunjang;
2.      Ketersediaan jaringan internet yang memadai;
3.      Serta perlu pula didukung oleh tingkat kecepatan yang memadai.
melalui media internet, diharapkan siswa akan mengalami proses belajar yang bermakna, siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pengetahunnya setelah terjadi tawar-menawar intelektual pengetahuan awalnya dengan pengetahuan yang lebih unggul yang ditawarkan lewat media internet.
Pembelajaran fisika dengan media internet sangat mendukung pendekatan konstruktivisme, yang menitikberatkan guru sebagai fasilitator. Tujuan utama pembelajaran fisika dengan media internet adalah :
1.      Membuat suasana pembelajaran menjadi menarik bahkan mungkin interaktif.
2.      Memungkinkan guru untuk membuat whiteboard interaktif dengan mengakses materi ajar fisika dan ditayangkan melalui proyektor.
3.      Membuat contoh-contoh nyata fisika (fisika kehidupan sehari-hari).
4.      Diharapkan senakin banyak siswa gemar dan menekuni lebih jauh tentang fisika. Pembelajaran fisika dengan media internet ini dapat dilaksanakan baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
5.      Pembelajaran secara klasikal akan menuntut guru dalam pemilihan materi ajar fisika sehingga dalam pelaksanaan proses pembelajarannya efektif, efisien, dan menarik.
Dalam pencarian materi ajar ini dimulai ketika  searching  dengan mesin Google. Setelah memasukan kata kunci, muncul beberapa halaman, pilih satu halaman yang diinginkan. Jika sesuai dengan materi ajar yang diinginkan maka disimpan dalam bentuk file (download file). Hasil-hasil ini diolah menjadi bahan ajar yang siap untuk ditayangkan dengan komputer dan atau proyektor dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Sedangkan pembelajaran kelompok atau individual dilakukan dengan memberi tugas pada siswa dengan metode webquest
yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telahdisediakan pada sebuah web atau blog kemudian dipresentasikan atau didemonstrasikan atau dipraktikkan. Di bidang pendidikan internet menyebabkan munculnya e-learning dan pembelajaranonline dimana belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Selain sebagai sumber belajar yang hampir tidak terbatas, internet juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara guru dengan guru maupun guru dengan siswa. Untuk dapat mengunjungi website dari berbagai lembaga, perusahaan, atau personkita tidak harus mengetahui nama atau alamat website tersebut. Ini dikarenakan sudah tersedia mesin pencari dimana kita tinggal memasukkan kata kunci dan mesin tersebut akan mencarikan alamat website sesuai dengan kata kunci yang diberikan.
Salah satu alamat institusi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan dan dapat dijumpai di internet serta diperbolehkan untuk diakses oleh pengguna tanpa harusmendaftarkan diri untuk masuk (login) terlebih dahulu adalah situs e-dukasi.net
Untuk dapat mengakses situs ini terlebih dahulu pengguna harus masuk atau meng”klik” icon web browsing seperti mozilla firefox, Opera  atau Google Chrome  pada layarmonitor, kemudian masuk ke search engine seperti google, yahoo  atau search engine lain dan ketik e-dukasi.net, maka secara otomatis kita akan terhubung dengan layanan jaringan e-dukasi.net
Situs e-dukasi.net memiliki berbagai keperluan pembelajaran seluruh mata pelajaran mulai tingkat sekolah dasar (SD), SMP dan SMA. Situs ini menyajikan bahan ajar, bank soal,uji kompetensi dan berbagai animasi pembelajaran yang menarik dan dengan mudah dapat diakses oleh para pengguna. Oleh karena itu situs ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru.
Selain situs e-dukasi.net, masih banyak situs-situs fisika lainnya yang dapat diaksesoleh pengguna tanpa harus mendaftar sebagai pengguna (user) terlebih dahulu. Dalam situs-situs tersebut terdapat banyak hal yang berhubungan dengan fisika, baik itu sejarah, tokoh-tokoh, rumus maupun informasi fisika terkini. Selain itu ada beberapa situs yang menyajikanlatihan soal-soal fisika berupa uji kompetensi untuk mata pelajaran yang di UN kan ataupunyang diujikan sebagai ujian sekolah (UAS). Pengguna dapat melatih dirinya secara on-linedan seketika dapat melihat nilai atau skor mereka setelah melakukan uji kompetensi.
Dengan demikian diharapkan ketersediaan media internet dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika yang menyenangkan. Selain itu kaidah, hukumdan prinsip fisika yang sulit dapat diatasi dengan beberapa simulasi dan animasi fisika diinternet serta media internet diharapkan dapat mengatasi keterbatasan perpustakaan dan media pembelajaran fisika saat ini. Jadi secara singkat pemanfaatan media internet dalam penelitian ini adalah sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas, dan sebagai sumber belajar dan ajang uji kompetensi bagi siswa baik di kelas dalam tugas terstruktur, ataupun di rumah, atau dimana saja yang dapat digunakannya untuk mengakses internet dalam tugas mandiri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSIORY, HEURISTIK, INDUKTIF, DEDUKTIF

PERBANDINGAN TAKSONOMI BLOOM YANG TELAH DI REVISI DAN BELUM DI REVISI

Cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik.